Jika Anda mendengar kata nastar, apa yang terlintas dalam benak Anda? Yap, kue ini merupakan salah satu kue yang paling populer menjadi hidangan saat lebaran. Namun, tahukah Anda, dari mana asal kue nastar ini? Nah di artikel kali ini, toko kue Jakarta akan bercerita tentang kue nastar.

Sejarah Nastar

Tahukah Anda, jika kue ini bukan berasal dari Indonesia? Nastar  ini berasal dari negeri kincir angin atau Belanda, loh. Nastar berasal dari kata dalam bahasa Belanda yakni ananas yang berarti nanas dan taartjes atau tart yang berarti kue. 

Resep nastar ini terinspirasi dari olahan pie ala Belanda yang dibuat dalam loyang-loyang besar dengan isian berupa selai blueberry, apel dan  juga stroberi.

Ketika Belanda datang ke nusantara, mereka ingin membuat kue pie tersebut. Namun mereka kesulitan mendapatkan blueberry, stroberi dan apel yang tekstur kematangannya seperti buah yang ada di tanah Belanda sana. 

Sebagai gantinya, mereka memiliki ide untuk mengganti buah-buahan tersebut dengan buah yang mudah ditemui di nusantara yaitu nanas.

Buah nanas ini dipilih sebagai bahan membuat nastar karena memiliki citarasa yang asam, manis dan segar sesuai dengan citarasa yang dibawa oleh buah stroberi dan apel, selain itu, nanas juga mudah didapatkan. 

Pada mulanya, nastar merupakan kue untuk kalangan bangsawan saja. Nastar hanya disajikan ketika ada  perayaan-perayaan besar atau penting.

Seiring berjalannya waktu, nastar bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Kue ini mudah ditemui di toko-toko kue, toko kue Jakarta dan dimana saja. 

Nastar Kekinian 

Saat ini, Nastar tidak hanya berisi selai nanas saja, sekarang banyak ditemui nastar yang sudah dimodifikasi. Tidak hanya bentuknya saja yang dimodifikasi atau berubah, tapi dari segi isiannya juga berubah. Kini, ada banyak Nastar yang berisi selai strawberry, blueberry,  hingga apel.  Meskipun demikian, bahan dasar nastar tetap sama. Uniknya, nastar original atau nastar classic tetap menjadi primadona. 

Selain bentuk dan isian, toppingnya juga mengalami modifikasi,  seperti cengkeh, kismis hingga rempah lainnya. Namun, nastar tetap diingat sebagai kue kering dengan  ciri khas bentuknya yang bulat berisi selai nanas. Banyaknya varian rasa atau isian mampu memperkaya citarasa Nastar. Kue nastar juga ya nampak lebih cantik dengan berbagai bentuk yang dimodifikasi. Anda dapat menemukan berbagai cetakan kue nastar di berbagai toko kue

Tips Membuat Kue Untuk Pemula dari toko kue Jakarta 

Jika Anda ingin membuat nastar sendiri di rumah, atau sedang belajar membuat kue. Perhatikan hal-hal berikut ini ; 

  1. Baca resep lengkap dengan sesama, bacalah dengan detail dua hingga tiga kali untuk memastikan semuanya.
  2. Keluarkan semua sesuatu yang dibutuhkan, periksa bahwa segala sesuatu sudah siap
  3. Siapkan loyang terlebih dahulu, agar segala sesuatu lebih efisien
  4. Beberapa jam sebelum mulai memasak, keluarkan semua bahan-bahan yang diperlukan ke dalam suhu ruangan
  5. Panaskan Oven beberapa menit sebelum digunakan

Nah itu tadi mengenai asal-usul kue nastar yang sering Anda jumpai pada hari lebaran. Semoga bermanfaat.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.